kaisargaming.net forumayambangkok.com
30 Jenis Ayam Hias Yang Unik dan Menarik Lengkap Beserta Gambarnya

30 Jenis Ayam Hias Yang Unik dan Menarik Lengkap Beserta Gambarnya

Sabung Ayam Online – 30 Jenis Ayam Hias Yang Unik dan Menarik Lengkap Beserta Gambarnya – Buat Kalian yang hobbi mengoleksi ayam hias, berikut ini adalah beberapa jenis ayam hias yang menarik yang dapat kami informasikan kepada kalian pembaca setia join sabung ayam, yuk mari kita bahas seperti di bawah ini :

1. Ayam Cemani

chicken-ayam-cemani

Ayam cemani merupakan salah satu ayam khas dari Indonesia. Tanda khas ayam cemani merupakan warna-nya yng serba hitam. Bukan hanya bulunya saja, tetapi seluruh tubuh ayam cemani itu berwarna hitam semua. Harga ayam ini juga sangat mahal, ayam cemani asli yang istemewa kemistisannya mampu menembus harga 2.000.000 sampai-sampai 250.000.000 per ekornya untuk umur yang sudah dewasa.

Namun kalau cemani pada biasanya mampu mulai yang dengannya harga 500.000 rupiah. Umumnya ayam cemani dipakai untuk ritual gaib, bisa menyembuhkan banyak sekali penyakit serta terkenal menjadi ayam pembawa hoki. Maka karena itulah ayam cemani tidak sedikit yang memburunya karena ayam ini salah satunya termasuk ayam langka.

2. Ayam Hutan Merah

Ayam Hutan Merah

Ayam hutan Merah ataupun Gallus – gallus. Ayam hutan merah ini adalah jenis ayan hutan yang penyebarannya cukup luas, antara lain di Indonesia, India, serta China. Jenis ayam ini memiliki 5 sub spesies, antara lain : gallus – gallus di Sumatra dan Sulawesi, serta gallus – gallus bankiva di Pulau Jawa dan Madura.

Sedangkan ketiga spesies lain – lainnya berada di luar Indonesia, yaitu di India dan Bangladesh terdapat gallus – gallus murghi, di Myanmar dan vietnam terdapat gallus – gallus spadiceus, serta di China Selatan dan Hainan terdapat gallus – gallus jaboullei. Ayam Hutan Merah (Gallus – gallus bankiva) yang tersebar di pulau Jawa serta Madura memiliki bobot dewasa jantan 0,7 Kg dan betina 0,4 Kg.

Baca Juga : Cara Mudah Berternak Ayam Kampung Yang Baik dan Benar

3. Ayam Hutan Hijau ( Gallus Various )

Ayam Hutan Hijau

Ayam jantan hutan hijau memiliki ukuran panjang sekitar 70 cm serta berat badannya sekitar 0,7 – 1,5 kg. Bulu dada hitam berbaur hijau mengkilap yang dengannya ujung ke kuning – kuningan, bulu ekor panjang melengkung, berwarna hitam. Bulu leher kecil – kecil, merah kekuning – kuningan, jengger bulat rata, pial tunggal serta bunyi kokoknya ce-ki-krek.

4. Ayam Hutan Sri Lanka

Ayam Hutan Sri Lanka

Ayam Hutan Sri lanka yang biasa dikenal dengan sebutan Ayam Hutan Ceylon adalah anggota keluarga burung yang endemik di sri lanka. Hewan ini menjadi burung kebangsaan bagi negara Sri lanka. Ayam hutan Sri Lanka berkait rapat yang dengannya ayam hutan Merah (G. gallus), sejenis ayam hutan liar yang menjadi asas bagi ayam peliharaan pada hari ini.

Baca Juga : Manfaat dan Efek Samping Vitamin Jika Di Berikan Berlebihan Untuk Ayam

5. Ayam Hutan Kelabu ( Gallus Sonneratii )

Ayam Hutan Kelambu

Ayam ini berukuran tengah, ayam jantan yang ukurannya panjang sekitar 80cm. Ayam betina berukuran lebih kecil, yang ukurannya panjang sekitar 38cm. Ayam hutan jantan memiliki bulu – bulu di leher, tengkuk serta mantel berwarna kelabu berbintik hitam – putih yang dengan kulit muka merah, bercak putih di telinganya, miliki paruh kuning kecoklatan, iris mata berwarna kuning. Ekor hitam keunguan yang dengannya bulu sedang ekor yang panjang serta melengkung ke bawah.

Sisi bagian bawah tubuh berwarna kelabu bergaris putih serta kakinya berwarna kuning kemerahan terang dengan sebuah taji. Dibeberapa negara ayam ini Suka dijadikan ayam lomba, dimana keunikan bentuk orang – orang yang menjadi penilaiannya, semakin cantik bentuk jambul orang – orang maka semakin bagus penilaian dari juri – juri.

Menjadi ayam hias maka memanglah jarang sekali ayam ini dijadikan sebagai ayam potong, akan tetapi membudidayakannya orang – orang tergolong susah lantaran beberapa kasus ayam ini Suka membunuh anaknya sendiri yng baru menetas.

6. Ayam Kapas (Silkie Hen)

Ayam Kapas Silkie Hen

Di Indonesia ayam silkie dikenal yang dengan nama ayam kapas. Penamaan ini lantaran ayam kapas memanglah memiliki bulu yang halus seperti kapas serta unik. Mungkin berasal dari China, mempunyai bulu seperti kapas yang mengembang berdiri menjadikan tampak besar dari kejauhan. Warna bulunya putih, dibelakang jenggernya terdapat jambul yang tumbuhnya mengarah ke belakang. Bobot ayam jantan 0,8 kg serta ayam betina 0,6 kg.

Bulu yang panjang memanglah berfungsi untuk melindungi tubuh ayam agar tetap hangat ketika iklim ekstrim di china yng terkadang datang mendadak. Persis seperti ayam poland lantaran keunikan bulunya, ayam ini Suka di jadikan ayam lomba di beberapa negara. Keunikan lainnya merupakan jari kaki ayam ini ada 5 berbeda denga ayam yang pada umumnya hanya berjari 4. Daging serta tulang ayam kapas berwarna hitam serta dipercayai mempunyai banyak sekali khasiat. Untuk mampu menikmati ayam kapas, anda mesti merogoh kocek lebih dalam lantaran harganya yng tidak murah.

Baca Juga : 3 Cara Merawat Ayam Bangkok Wajib Anda Ketahui Agar Bisa Jadi Petarung Hebat

7. Ayam Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock

Ayam Plymouth Rock disebut pula ayam rock ataupun ayam bareed rock. Warna bulunya bercorak hitam – putih seperti terlihat di gambar. Jenis ayam yng berasal dari Amerika ini umumnya diternakkan untuk diambil daging serta telurnya. Seiring perkembangan zaman, makin banyak orang yang melakukan kawin silang agar menghasilkan jenis ayam baru. Tatkala ini varietas ayam plymouth rock terdiri dari Barred Plymouth Rock, Buff, White Rock serta Blue Plymouth Rock.

8. Ayam Orpington

Ayam Orpington

Ayam orpington adalah ayam yang berasal dari daerah Orpington, Inggris. Ayam orpington adalah hasil dari persilangan antara ayam minorca dengan ayam plymouth rock yang pasti disilangkan lagi yang dengan ayam langshan.
Persilangan ini di lakukan supaya tercipta jenis ayam yang tumbuh cepat dengan poduksi telur tinggi. Makanya tak heran gambar di atas memperlihatkan ayam orpington yang besar.

Baca Juga : Ciri – ciri Mata Ayam Bangkok Aduan yang Bagus Dan Berpengaruh Untuk Tarung

9. Ayam Phoenix

Ayam phoenix adalah kerabat dekat dari ayam onagadori, yaitu ayam yang memiliki bulu ekor yang panjang. Panjang bulu ekornya dapat mencapai 12 sampai 27 cm, panjang ekor yang telah di sebutkan diperoleh dari pemilihan gen paling baik yang memungkinkan bulu ekor dapat terus tumbuh. Ayam phoenix merupakan keturunan dari ayam onagadori Jepang yang dikembangkan di Jerman.

Ayam phoenix adalah hewan produktif serta aktif bergerak, ayam phoenix butuh makanan berprotein tinggi supaya ekornya bisa tumbuh panjang maximal. Tempat yang paling cocok untuk memelihara ayam adalah perkebunan yang luas, mereka akan tumbuh dengan baik apabila diletakkan di tempat yang bebas.

10. Ayam Kate

Ayam Kate

Ayam kate berperawakan kecil, berkaki pendek dan unik karena mempunyai berbagai kelebihan dibandingkan dengan ayam biasa, terutama dalam hal keindahan bulu, jengger, penampilan fisik dan tingkah laku. Ada beberapa macam ayam kate, antara lainnya :
1. Ayam kate lokal.
2. Ayam kate batindo.
3. Ayam kate Bangkok.
4. Ayam kate Emas.
5. Ayam kate cochin.
6. Ayam kate kaki pedang.

Baca Juga : Ciri – Ciri Kaki Ayam Bangkok jantan Yang Bakal Sering Jadi Juara

11. Ayam Leghorn

Ayam Leghorn

Ayam Leghorn adalah salah satu jenis ayam yang berasal dari Italia. Di Italia ayam ini dikenal juga dengan livorno atau livornese.
Ayam leghorn umumnya berwarna putih cantik. Namun ada juga varian ayam leghorn dengan warna yang lain.

12. Ayam Balenggek

Ayam Balenggek

Ayam Balenggek atau biasa di panggil dengan kokok balenggek ini adalah salah satu ayam lokal yang berasal dari Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Kata balenggek dalam bahasa masyarakat minang mempunyai makna yaitu irama bertingkat. Usut punya usut, ternyata kokok dari ayam jantan ini mempunyai ciri khas irama yang bertingkat dari 3 hingga 12 lenggek. Umumnya kokok ayam terdiri atas 3 bagian, yaitu bagian depan, tengah dan akhir atau biasa lenggek kokok.

Ayam kampung misalnya, ayam tersebut mempunyai kokok yang terbagi atas empat suku kata. Kemudian suku kata yang terakhir lebih panjang dari tiga suku kata sebelumnya. Jenis ayam ini dibedakan menjadi 3 macam, berdasarkan bentuk fisiknya, atara lain :
1. Yungkilok Gadang
2. Ratiah
3. Randah Batu

Baca Juga : Mengenali Ciri – Ciri Ayam Bangkok Super Agar Tidak Salah Pilih

13. Ayam Randah Batu

Ayam Randah Batu

Ayam randah batu ataupun disingkat yang dengannya kata ranbat, adalah satu dari sekian banyaknya ayam asli Indonesia yng berasal dari Sumatera Barat. Ayam ini tergolong ke dalam kelas ayam kate / ratiah. Karakteristik yang mencolok dari ayam ini terlihat pada kaki dan ruas jarinya yang pendek. Disisi lain kesan kekar dalam ayam ini makin terlihat terang lantaran lingkaran kakinya yang amat besar.
Persis seperti ayam kampung pada umumnya, warna bulu ayam randah batu yang menarik membuat jenis ayam dijual yang dengan banyak sekali varian warna, seperti jengger wilah, sumpel dan sebagainya.

14. Ayam Pelung

Ayam Pelung

Ayam Pelung adalah ayam lokal asli Indonesia yang berkembang di wilayah Cianjur dan Sukabumi Jawa Barat. Ciri – cirinya : bertubuh besar, tegap dan ketika berdiri tegak temboloknya terlihat menonjol. Kakinya panjang dan kuat dengan paha yang berdaging tebal. Ayam jantannya mempunyai wilah yang besar, tegak, bergerigi dan berwarna merah cerah sedangkan pada ayam betina tidak berkembang dengan baik.

Meskipun terlihat serupa dengan ayam kampung, namun jika dilihat secara seksama terlihat ada beberapa perbedaan antara ayam pelung dengan ayam kampung lainnya. Salah satunya adalah terdapat ciri khas dibagian ukuran jengger dan badannya yang besar.
Dalam suatu lomba kokok ayam pelung, kriteria yang dinilai juri memang bukanlah hanya semata – mata bunyi kokoknya saja. Karena hal tersebut akan menyulitkan peserta pemula yang hanya mengerti bagaimana ciri – ciri ayam pelung terbaik secara teorinya saja.

Baca Juga : Cara Memandikan Ayam Bangkok Yang Baik Dan Benar Agar Ayam Semakin Kuat

15. Ayam Cochin

Ayam Cochin

Ayam ini adalah ayam yang berasal dari china namun berkembang di inggris, selain inggris ayam ini juga banyak di ternak di prancis oleh developer asal vietnam. Ayam hias yang mempunyai keunikan karena terdapat banyak bulu dikakinya jadi nampak seperti ayam yang memakai sepatu bulu. Banyak orang mengatakan bahwa mudah untuk merawat mereka terlebih sama seperti ayam lain mereka hanya perlu diberi pakan jagung dan mereka biasa mencari makan sendiri di rerumputan.

16. Ayam Brahma

Ayam Brahma

 

Ayam brahma adalah jenis ayam hias yang multiguna karena dapat dimanfaatkan daging dan telurnya. Ayam brahma pertama kali dikembangkan di India, tepatnya di wilayah Brahmaputra. Semula ayam brahma hanya dimanfaatkan untuk diambil dagingnya, karena produksi telurnya juga banyak ayam brahma kemudian dijadikan juga sebagai ayam petelur. Namun ayam brahma juga mempunyai kaki yang ditumbuhi dengan bulu – bulu yang cantik, sehingga dijadikan pula sebagai ayam hias.

Ayam brahma betina mempunyai berat tubuh rata – rata 4 kg, sedangkan ayam brahma jantan berat tubuhnya bisa mencapai 6 hingga 7 kg. Berbeda jauh dengan berat tubuh ayam kampung yang hanya 2 shingga 2,5 kg. Ayam brahma sangat jinak dan memiliki kemampuan bertahan dalam kondisi iklim yang berbeda, sehingga dapat hidup di negara yang beriklim dingin atau panas.

Baca Juga : Mengenali Ciri – Ciri Ayam Bangkok Super Agar Tidak Salah Pilih

17. Ayam Ameraucana

Ayam Ameraucana

Ayam ameraucana berasal dari Amerika. Ayam ini berada masih berada dalam kelompok ayam auracana karena memang perpaduan antara american dan auracana. Ayam ameraucana mempunyai warna yang sangat variatif seperti hitam, biru, cokelat kemerahan, silver dan warna lainnya. Yang menarik dari ameraucana adalah adanya bulu yang menonjol dan panjang di bagian telinga atau pipi si ayam.

18. Ayam Batik ( Sebright)

Ayam Batik

Di Indonesia Ayam sebright dikenal dengan nama ayam batik. Hal ini karena corak warna ayam ini memang menyerupai motif batik. Walaupun bernama ayam batik namun ayam ini bukan berasal dari indonesia, habitat asli mereka berasal dari Eropa yang dikenal juga dengan nama Sebrict Bantam di Inggris, banyak orang juga mengira ini adalah ayam yang berasal dari italia tetapi itu pun salah kampung halaman ayam ini adalah inggris. Warna bulunya berukir – ukir seperti batik dengan motif sisik ikan yang jelas dan rapih. Memiliki warna dasar coklat kemerahan atau kekuningan dan dinamakan Batik Kanada, serta yang berwarna dasar putih keperakan disebut Batik Italy. Bukan hanya di indonesia, ayam ini juga telah memikat hati banyak orang di dunia sehingga penyebaran ayam ini sudah meluas ke seluruh dunia.

Baca Juga : 5 Jenis Ayam Petarung Yang Memiliki Mental Baja

19. Ayam Polish ( Poland )

Ayam polish Atau sering juga disebut dengan Black Poland, walaupun namanya mempunyai embel – embel polland ternyata ayam ini tidak berasal dari polandia, kampung halaman ayam ini adalah russia. Mereka ini adalah jenis ayam yang menarik karena bentuk mereka yang sering menjadi sorotan banyak orang warnanya hitam mulus, ayam jantan punya jengger seperti tanduk atau berbentuk V dan berwarna merah cerah, dibelakang jengger ada jambul atau bulu mahkota yang panjang, lebat dan kaku yang berwarna putih. Jengger ayam betina tidak nampak karena tertutup bulu mahkota yang berbentuk kribo.

20. Ayam Rosecomb

Ayam Rosecomb

Dinamakan rosecomb karena ayam ini mempunyai jengger yang berbentuk unik. Dalam bahasa Inggris comb artinya jengger dan rose artinya bunga mawar. Bentuk jengger ayam ini memang sedikit menyerupai bunga mawar. Berbeda dari jengger ayam pada umumnya. Ciri khas lain dari ayam ini adalah telinga yang berukuran besar dan berwarna putih. Ayam Rosecomb atau rosecomb chicken berasal dari Inggris.

Baca Juga : Cara Melatih Ayam Bangkok Agar Bisa Membuat Sekali Pukulan KO

21. Ayam Naked Neck

Ayam Naked Neck

Naked neck dalam bahasa Inggris sederhana dapat diartikan sebagai leher telanjang. Iya, ayam jenis ini tidak mempunyai bulu di bagian leher dan kepalanya. Ayam ini juga dikenal sebagai transylvanian naked neck karena memang berasal dari wilayah Transylvania. Nama lain dari ayam unik ini adalah turken atau Kaalnek.

22. Ayam Onagodari

Onagodari

Ayam Onagodari adalah jenis ayam yang berasal dari Jepang. Ayam hias ini memiliki bulu yang berwarna putih bersih dan ada juga yang berwarna hitam. Bentuk ekornya sangat khas dan unik, yaitu berumbai – rumbai panjang, sehingga ayam ini terlihat sangat anggun. Untuk Anda yang ingin memelihara jenis ayam yang satu ini, Anda juga harus siap – siap untuk direpotkan karena ayam ini lumayan manja, terutama dalam soal makanan.

Di jepang sendiri ayam ini mempunyai gelar terhormat karena kaisar jepang tertarik untuk memilihara ayam onagodari di kediamannya. Mereka termasuk ayam manja, karena jika kalian tidak memberikan pakan yang biasa dimakan maka ayam ini akan mogok pakan, sungguh ayam yang unik.

Baca Juga : Cara Memilih ayam Bangkok Terbaik Agar Tidak Salah Pilih

23. Ayam Ketawa

Ayam Ketawa

Ayam ini memiliki nama yang unik. Bukan hanya orang yang dapat tertawa, ayam juga bisa. Tidak heran unggas yang satu ini diberi nama ayam Ketawa. Suara kokoknya mirip seperti seseorang yang sedang tertawa. Dulunya ayam ini dipelihara dan dibudidayakan oleh para bangsawan di kerajaan Bugis, Sulawesi Selatan. Ayam Ketawa adalah simbol status sosial dan budaya bangsawan yang pantang menyerah, gagah berani dan sukses.

Secara fisik, unggas yang juga disebut Ayam Jantan dari Timur ini hampir mirip dengan ayam kampung biasa. Mulai dari ukuran, bentuk, gerak – gerik dan warna – warni bulunya menyerupai ayam kampung. Perbedaannya, ayam Ketawa sudah bisa berkokok sejak dia berusia tiga bulan. Tetapi untuk orang yang baru pertama kali mendengarnya, suara kokoknya lebih mirip burung perkutut.
Ada tiga jenis ayam ketawa sebagai berikut ini :
1. yaitu Gretek, ayam Ketawa yang mengeluarkan suara orang ketawa dengan jarak antara suara tertawa cepat ketika berkokok.
2. Gaga, ayam Ketawa yang interval suara ketawanya lambat dan terputus seperti hampir berhenti tetapi masih berlanjut.
3. Dodo, kokoknya menyayat hati pendengarnya. Untuk kamu yang suka memelihara dan mengembakbiakkan ayam, sangat sarankan untuk memelihara ayam ini. Karena ayam ini gampang dipelihara dan tahan terhadap berbagai jenis cuaca.

24. Ayam Serama

Ayam Serama

Ayam Serama adalah salah satu jenis ayam hias yang mempunyai bentuk badan yang mungil diantara ayam lainnya. Ayam ini berukuran hanya separuh dari ayam biasa. Ayam hias ini biasa dilombakan dengan mengadu ketangkasannya dalam bergaya. Walaupun tubuhnya kecil, ayam ini mempunyai gaya yang tinggi. Kepala mendongak seperti orang sombong, dada membusung, posisi sayap terlihat vertikal (tegak). Postur tubuhnya tegap dan bulat. Dada lebih besar dari bagian belakang (punggung) ekor besar, panjang, tinggi dan tegaki.

Mempunyai watak percaya diri dan pemberani. Gaya lebih sering ditonjolkan, seperti ingin berkokok dan suka berdiri. Itulah beberapa ciri khas dari ayam Serama. Walaupun badannya kecil mungil, namun harganya luar biasa mahal. Seekor anak ayam Serama bisa mencapai jutaan, dilihat dari kualitas dan prestasinya juga.

Dulu kita mengenal ayam kate sebagai ayam terkecil di dunia, sekarang gelar itu di ambil oleh ayam serama. Ayam yang berasal dari negeri jiran ini, banyak dikenal dengan sebutan kate serama, padahal ayam serama berbeda dengan ayam kate, ayam serama merupakan ayam yang memiliki bobot lebih kecil dari ayam kate, berat mereka hanya sekitar 8 ons atau 1 kg saja. Sedangkan ayam serama betina hanya berat kurang dari 5 ons.

Baca Juga : Mari Kita Mengenal Ayam Aduan Bangkok Dan Kawan – Kawannya

25. Ayam Sumatera

Ayam Sumatera

Ayam Sumatera adalah ayam lokal asli Indonesia yang berkembang di Sumatera Barat. Oleh karena itu, ayam lokal ini beri nama ayam Sumatera. Penampilan perawakannya tegap dan gagah, namun ukuran badannya kecil. Ayam Sumatera jantan mempunyai kepala kecil, namun tengkoraknya lebar. Pipinya padat, keningnya tebal dan pialnya menggantung ke bawah.

Paruh ayam Sumatera umumnya pendek dan kukuh berwarna hitam, dengan kuping kecil dan berwarna hitam. Ayam Sumatera mempunyai jengger berbentuk wilah dan berwarna merah.Kulit mukanya pun berwarna merah atau hitam, ditumbuhi bulu halus yang jarang. Ayam Sumatera jantan memiliki berat badan sekitar 2 kg, sedangkan ayam Sumatera betina mempunyai berat badan sekitar 1,5 kg.

26. Ayam Nunukan

Ayam Nunukan

Ayam nunukan merupakan ras ayam lokal yang paling terkenal di wilayah Nunukan, Tarakan. Ciri khas utama dari ayam ini yaitu terdapat pada ekor bagian belakangnya yang tidak berkembang. Sehingga wajar jika ayam ini tampak seperti tidak mempunyai ekor. Selain itu, bulu berwarna coklat dengan sedikit warna hitam di ujungnya merupakan ciri khas lain yang terlihat dominan pada ayam nunukan ini.

Pertumbuhannya yang berkisar di angka 20 sampai 30% pertahunnya, membuat pertumbuhan ayam ini jauh lebih cepat ketimbang ayam lain. Ditambah lagi dengan produksi telurnya yang dinilai rata – rata jauh lebih tinggi ketimbang ayam kampung manapun.
Oleh karena itu, ayam nunukan ini sangat cocok bagi para pelaku wirausahawan yang ingin berkecimpung di dunia peternakan ayam maupun telur.

Baca Juga : Cara Membuat Bulu Ayam Bangkok Lebat dan Indah Mempesona

27. Ayam Kalkun

Ayam Kalkun

Ayam kalkun adalah ayam berukuran besar dari spesies unggas ordo gallifrmes geneus meleagris. Ayam kalkun jantan mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar dan bulu yang berwarna – warni dari ayam kalkun betina. Ayam kalkun mempunyai rentan sayap sepanjang 1,5 sampai 1,8 meter. Terdapat dua spesies ayam kalkun, yakni ayam kalkun M. gallopavo yang berasal dari Amerika Utara dan ayam kalkun M. ocellata dari Amerika Tengah.

Ayam kalkun M. gallopavo mempunyai pial atau bagian dibawah paruh yang bergelambir, sementara ayam kalkun M. ocellata tidak memiliki pial. Ayam kalkun adalah jenis hewan aseksual, karena unggas ini memiliki kemampuan yang unik dalam melakukan reproduksi.
Ayam kalkun betina dapat menghasilkan telur fertil tanpa dibuahi oleh kalkun jantan, namun anakan kalkun yang dihasilkan lebih rentan terserang penyakit.

28. Ayam Bekisar

Ayam Bekisar

Ayam bekisar adalah hewan khas Pulau Kangean, Kabupaten Sumenep, jenis ayam yang menjadi kebanggan orang yang berasal dari jawa timur. Ayam bekisar merupakan jenis ayam hasil persilangan antara ayam kampung betina dengan ayam hutan hijau. Ciri – ciri khusus dari ayam bekisar yang paling menonjol adalah bentuk bulu leher yang ujungnya bulat / lonjong bukan lancip. Jika dibandingkan dengan ayam jago biasa maka akan terlihat jelas.

Baca Juga :  Ciri-ciri Ayam Simbar Telak, Ayam Paling Di Cari Oleh Penggemar Sabung Ayam

29. Ayam Modern Permainan Bantam

Ayam Modern Permainan Bantam

Ayam modern game merupakan ayam yang berasal dari daratan Britania Raya (Inggris) antara tahun 1850 – 1900. Ayam modern game merupakan ayam yang dikembangkan untuk tujuan ayam hias, beratnya hanya sekitar satu kilogram, namun yang unik dari ayam ini adalah kakinya yang panjang mirip seperti seorang model.

Dengan kaki yang panjang dan badan yang tegak, ayam ini sering diperlombakan dalam kontes ayam hias di Inggris. Untuk memelihara ayam modern game tidak perlu tempat yang luas, cukup sediakan kandang dengan ruang yang cukup. Ayam modern ini game membutuhkan makanan rendah kalori untuk menjaga bentuk tubuhnya tetap ramping.

30. Ayam Arab

Ayam Arab

Ayam arab adalah ayam keturunan dari ayam brakel kriel-silver dari Belgia. Disebut ayam arab karena dua hal : pejantannya mempunyai daya seksual yang tinggi dan keberadaannya di Indonesia melalui telurnya yang dibawa oleh orang yang menunaikan ibadah haji dari Mekah.

Ayam arab mudah dikenali dari bulunya. Pada sepanjang leher berwarna putih mengkilap, bulu punggung putih berbintik hitam, bulu sayap hitam bergaris putih dan bulu ekornya yang dominan berwarna hitam bercampur putih. Sedang jenggernya berbentuk kecil berwarna merah muda dan mata hitam dengan dilingkari warna kuning.

Secara genetik, ayam arab tergolong galur ayam buras yang unggul, karena mempunyai kemampuan produksi telur yang tinggi. Kebanyakan masyarakat memanfaatkan ayam arab untuk menghasilkan telur bukan daging, karena ayam arab mempunyai warna kulit yang kehitaman dan daging tipis dibanding ayam buras biasa sehingga dagingnya kurang disukai masyarakat.

Baca Juga : Ciri – Ciri Ayam Bangkok Yang Akan Kalah Ketika Bertarung Di Arena

Baca Juga berita lainnya hanya di  : Sabung Ayam Online Indonesia

Nah, sekian dulu pembahasan kita tentang 30 Jenis Ayam Hias Yang Unik dan Menarik Lengkap Beserta Gambarnya. Mohon maaf apabila ada kesalahan, dan Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Jika ada masukkan dan tambahan tolong masukkan saja ke dalam kolom komentar agar bisa kami revisi, Terima Kasih.

Jangan bilang anda penggemar sabung ayam apabila anda belum mendaftarkan diri anda pada agen joinsabungayam, yakinkan anda daftarkan diri anda pada agen sabung ayam online yang berkualitas serta sudah tentu agen kami akan membayar setiap kemenangan anda seperti agen judi sabung ayam kaisargaming.id. Karena kami berkerja sama juga dengan S128, COCKFT serta SV388 yang sangatlah popular dalam menyediakan permainan sabung ayam live. Bermain sabung ayam online di kami akan menjadi semakin lebih nyaman karena 1 User ID dapat memainkan ratusan game. Ayoo segera bergabung bersama kami.

Baca Juga berita lainnya di : agenkaisar.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *