kaisargaming.net forumayambangkok.com
9 Jenis Ayam Terbesar Di Dunia | Join Sabung Ayam

9 Jenis Ayam Terbesar Di Dunia | Join Sabung Ayam

Sabung Ayam Online – Pada postingan artikel kali ini join sabung ayam akan membagikan beberapa informasi tentang 9 Jenis ayam terbesar di dunia. Ayam yang ada dalam 9 daftar ini dipilih berdasarkan kriteria postur tubuh, bobot badan, keunikan dan perannya sebagai indukan utama bagi varietas ayam lainnya. Berikut ini adalah 9 Jenis Ayam Terbesar Di Dunia :

Ayam Sussex (England)

sussex

Ayam Sussex berasal dari Inggris (britania raya) dikenal juga sebagai varietas ayam tertua dan sangat populer di negara Inggris. Ayam satu ini diperkirakan masuk ke Inggris ketika kerajaan Romawi yang menginvasi kepulauan tersebut pada tahun 43 setelah Masehi. Bahkan ayam satu ini dianggap mempunyai kualitas daging dan telur yang baik dibandingkan dengan jenis ayam lainnya. Tubuhnya gempal seperti ayam dari kelompok mongoloid (oriental) pada umumnya. Dari berat badan jantan saja dapat mencapai 4,1 kg sedangkan betinanya 3,2 kg. Ayam ini mempunyai beberapa varian warna seperti merah, merah bata, kuning, perak dan totol. Sedangkan yang bewarna putih sangat jarang ditemukan.

Ayam Sussex tergolong ayam dwiguna yang dibudidayakan sebagai ayam pedaging dan petelur. Seekor betina saja dapat menghasilkan antara 180 sampai 320 butir telur pertahun. Dan lebih lucunya lagi, ayam yang bewarna terang seperti kuning dan putih bisa menghasilkan telur lebih banyak dibandingkan dengan ayam sejenisnya.
Sussex bisa dibilang ayam yang cukup jinak, mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan dan cukup tangguh dengan postur tubuhnya. Ayam ini sangat senang dengan pekarangan yang terbuka, luas dan banyak ditumbuhi banyak rumput. Dan dapat dikatakan bahwasannya ayam yang satu ini tidak agresif dan cenderung tenang, apabila diketati oleh manusia tidak menghindar.

Baca Juga : Cara Memilih Bibit Ayam Bangkok Yang Berkualitas Mutu

Ayam Orpington (south-east England)

orpington-chickens

Ayam satu ini berasal dari kota Orpington yang terletak di wilayah Kent, Inggris Tenggara (south-east England). Ras ayam ini pertama kali “diciptakan” oleh seorang kedokteran ayam, William Cook pada tahun 1886 dengan menyilangkan varietas ayam Minorca, Langshan dan Plymouth rock. Tujuan di silangkan supaya dapat memiliki pertumbuhan yang cepat dan memproduksi telur yang sangat banyak. Ayam ini pada awalnya didominasikan dengan warna hitam, tetapi seiring waktu berjalan warna lain seperti merah bata, putih, merah dan loreng juga bermunculan.

Orpington termasuk kelompok ras mongoloid yang mempunyai postur tubuh yang besar dan bulat, dada lebar, kepala kecil dengan jengger bilah yang kecil pula. Bisa dikatakan berat ayam jantan yang satu ini dapat mencapai 4,5 kg, sedangkan ayam betina bisa memiliki berat 3,6 kg. Ayam Orpington sangat produktif dengan jumlah telur yang berkisar 175 sampai 200 butir pertahun. Bahkan ayam satu ini pernah tercatat bertelur sampai 340 butir per tahunnya.

Ayam Pelung (INDONESIA)

ayam pelung

Ayam pelung adalah galur ayam lokal asli dengan ukuran tubuh paling besar di negara Indonesia. Ayam ini berasal dari salah satu desa Bumi Kasih, Jambu Dipa, Songgom dan Tegal Lega. Walaupun secara umum ayam ini mirip dengan ayam kampung biasa, namun ke 2 unggas tersebut mempunyai perbedaan yaitu Ayam Pelung mempunyai bentuk badan yang besar dengan pial dan jengger yang besar, sehingga menjadikan ciri khusus ayam pelung tersebut. Konon katanya, ayam ini pertama kali dipelihara oleh seorang kiai yang bernama H. Djarkasih atau alias Mama Acih (Almahum).

Ayam palung memiliki postur tubuh yang tinggi besar hingga 60 cm. Tidak hanya itu, ayam pelung juga mempunyai ciri – ciri lain yaitu suara kokoknya panjang mengalun dan bersih berbeda dengan ayam kampung biasa. Meskipun ayam pelung berukuran besar, dia tidak cocok dijadikan sebagai ayam aduan. Jengger, pial dan lehernya terlalu besar sehingga dapat menjadi sasaran empuk patukan dan pukulan dari ayam aduan lawan. Ayam ini juga dapat dikatakan kurang agresif dan mudah lelah.

Baca Juga : Ayam Kate Bertubuh Mungil Tapi Memiliki Kekuatan Extra

Ayam Croad Langshan (China)

ayam CroadLangshanHen

Ras ayam satu ini termasuk salah satu varietas ayam tertua di negara China. Ayam ini mempunyai postur tubuh yang tinggi besar berbentuk “U” dengan bobot berat 5 kg pada jantan dan 3,5 kg berat dari betina.Nama Langshan sejatinya adalah nama suatu wilayah terpencil di sekitar sungai Yang Tse dimana Majir F.T Croad mendapatkan beberapa pasang ayam ini dan kemudian mengirimnya ke negara Inggris pada tahun 1872, oleh keponakan perempuannya, A.C. Croad.

Kemudian ayam yang berasal dari wilayah Langshan ini terus dipelihara dan dikembangkan sampai akhirnya berkembang luas ke seluruh dunia sampai saat ini. Ayam satu ini mempunyai peran yang sangat penting dalam dunia peternakan yang dikarenakan menjadi salah satu indukan dari banyak varietas ayam seperti Barnevelders, Orpington, Marans, Jersey Giant dan lain – lainnya. Warna hitam pada ras ayam Croad Langshan mirip dengan wana bulu ayam Sumatera, yang dilengkapi dengan warna hijau yang mengkilap ketika diterpa cahaya matahari.

Croad Langshan ini mempunyai kepala kecil dengan jengger bilah berukuran sedang. Ras Varian Croad Langshan yang dikenal ada 3 jenis warna yaitu hitam, putih dan abu – abu. Ayam yang satu ini bersifat jinak dan mudah juga beradaptasi dengan lingkungannya. Ayam ini dibudidayakan sebagai ayam petelur dengan produksi telur antara 140 hingga 150 butir per tahun. Meskipun produksi telur nya tidak tergolong tinggi, ayam ini berpotensi dikebangkan juga sebagai ayam pedaging dikarenakan tekstur dan rasa dagingnya dinilai sangat baik.

Ayam Cochin (Cina)

Ayam cochin

Ayam cochin berasal dari negara tirai bambu (China) dan di ekspor ke Amerika Serikat (AS) dan Inggris pada pertengahan abad ke 19. Ayam ini berukuran cukup besar dengan bobot jantan dapat mencapai 5 kg dan betinanya dapat mencapai 4 kg. Bisa dikatakan bahwa ayam satu ini ayam langka yang berasal dari tiongkok, yang pada awal mulanya ayam ini mempunyai nama Shanghai Chickens tetapi setelah banyak dikembangbiakkan di negara eropa khususnya di negara Inggris, sehingga ayam ini dipopulerkan dengan sebutan Cochin Chicken.

Di masa lalu ayam Cochin ini dipelihara sebagai ayam pedaging dan petelur, tetapi sekarang ayam ini lebih banyak dipelihara di pekarangan rumah sebagai ayam hias atau ayam kontes. Pembawaannya yang kalem membuat ras ayam ini sangat disukai oleh para penggemar. Dan biasanya ayam Chocin yang jinak ini dipelihara dengan mencampurkan varietas ayam lain yang berukuran lebih kecil di pekarangan rumah.

Baca Juga : Ciri – Ciri Ayam Bangkok Aduan Yang Tak Bisa Bertarung Dengan Sempurna

Ayam Jersey Giant (USA)

ayam giant jersey

Ayam Jersey Giant adalah satu varietas ayam terbesar di dunia dan pertama kali muncul di wilayah New Jersey, Amerika Serikat, pada abad ke 19. Ayam jersey giant pertama kali di budidayakan oleh John dan Thomas Black dengan menyilangkan varietas ayam yang berukuran besar seperti Black Java, Black Langshan dan Black Brahma.

Tujuan dari penyilangan ayam ini adalah untuk menciptakan ayam pedaging yang berukuran besar dan dapat menggantikan ayam Kalkun. Ayam satu ini sangat lah besar dan hampir sama dengan ukuran ayam kalkun dengan rata – rata berat badan dari ayam jantan dengan berat badan bisa mencapai hingga 6 kg dan ayam betinanya dengan berat badan 4,5 kg. Dan dengan warna nya, umumnya bewarna hitam tetapi ada juga yang bewarna putih dan abu – abu. Yang lebih hebatnya, telur nya bewarna coklat yang sangat besar dibandingkan dengan telur ras ayam lainnya.

Sebagai ayam pedaging, ayam jersey giant tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan ayam jenis ras pedaging lainnya. Kebutuhan pakannya pun lebih besar, sehingga ayam ini di nilai kurang ekonomis jika diternakkan dalam skala besar. Oleh karena itu, ayam ini lebih banyak dipelihara oleh keluarga petani di halaman pekarangan.

Saat ini, populasi dari ras ayam Jersey Giant semakin merosot dan hampir bisa dikatakan punah. Tetapi jangan takut, karena sejumlah organisasi peternak berupaya mempertahankan populasi dari ayam satu ini dengan mengadakan berbagai ajang kontes. Ayam Jersey Giant dengan penampilan terbaik akan diberi penghargaan dan gelar juara.

Ayam Brahma (Amerika Serikat)

Ayam Brahma

Ayam Brahma dikenal pertama kali di Amerika Serikat, namun dalam perkembangannya asal dari ayam brahma banyak di perdebatkan dan ada yang mengklaim ayam ini berasal dari negara India, dikarenakan namanya Brahma Chicken. Nenek moyang dari ras ayam Brahma pertama kali di impor dari pelabuhan Shanghai di China pada saat abad ke 19. Salah satu nenek moyang ayam ini dikenal dengan sebutan Grey Chittagong yang berasal dari sebutan negara Bangladesh. Namun sekarang sudah terungkap bahwa asli nenek moyang dari ras ayam satu ini berasal dari sekitar sungai Brahma putra di negara India.

Ayam brahma mempunyai postur tubuh yang besar, tinggi dan tegap. Bahkan kepalanya berukuran besar dengan jengger berbentuk pea. Dapat dikatakan rata – rata berat dari bobot ayam jantan satu ini dapat mencapai 5,5 kg dan bobot dari ayam betina nya bisa mencapai 4,3 kg. Tapi harus anda ketahui, kaki Brahma ditumbuhi bulu yang cukup lebat. Dan mempunyai beberapa varian warna yang diantaranya warna hitam, merah bata dan putih kuning. Brahma bisa dipelihara sebagai ayam pedaging, petelur dan untuk dikonteskan.

Ayam yang diberi nama Little John, yang berasal dari Inggris dengan tinggi 66 cm dinobatkan sebagai ayam terbesar di dunia, termasuk varietas Brahma.

Baca Juga : Cara Merawat Ayam Bangkok Aduan Yang Harus Rutin Dilakukan

Ayam Australorps (Australian)

australorps

Ayam Australops adalah varietas ayam yang mulai dikembangkan di negara Australia pada tahun 1890 – 1900. Indukan utamanya adalah ayam Orpington yang berasal dari koleksi ayam milik William Cook dan Joseph Partington di Inggris. Ayam Orpington ini kemudian disilangkan dengan varietas Rhode Island Red (RIR) untuk bisa memperoleh keturunan ayam petelur dengan produktivitas yang tinggi. Bahkan pada tahun 1902, Australia menyelenggarakan kontes ayam guna mendapatkan ayam yang mempunyai produksi yang tinggi baik itu daging maupun telur. Dan hasil dari usaha persilangan tersebut mendapatkan hasil yang positif.

Australorps kemudian menjadi pemegang rekor sebagai ayam petelur sangat produktif di dunia. Dalam satu tahun saja terdiri dari 365 hari, seekor ayam betina Australorps dapat menghasilkan telur sebanyak 364 butir. Dengan hasil telur yang dihasilkan ayam betina ini dapat dikatakan dengan bertelur hampir setiap hari. Bandingkan dengan tetuanya Orpington yang hanya menghasilkan maksimal 340 butir telur pertahun, Rhode Island dengan menghasilkan telur 312 butir pertahun dan White Leghorn dengan 320 butir pertahunnya. Ayam betina satu ini pun dikenal dengan pengeram dan induk yang baik, sehingga juga berpotensi dijadikan sebagai ayam pedaging. Ayam Australorps dapat dikatakan sebagai salah satu 9 ras ayam terbesar di dunia yang terbaik yang pernah ada.

Ayam Indio Gigante (Brazil)

Ayam Indio Gigante

Jika didasarkan pada ukuran tinggi tubuh dan bobotnya ayam ini, tidak salah lagi jika ayam Idio Gigante ditetapkan sebagai ayam terbesar di dunia. Ayam ini berpostur jangkung dengan tinggi dapat mencapai lebih dari 1 meter. Bahkan ukuran ini dua kali lipat dari ukuran rata – rata ayam pelung yang tingginya hanya mencapai 50 cm. Berat badan ayam jantan satu ini dilaporkan dapat mencapai 6 samapi 7 kg dan ayam betina nya dapat mencapai bobot badan 4 hingga 5 kg.

Ayam indio Gigante pertama kali dibudidayakan oleh peternak yang berasal dari negara Brazil, dengan cara menyilangkan ras ayam Malayoid dari negara India – Pakistan dengan ayam Plymouth Rock. Tujuan dari penyilangan ini supaya dapat memperoleh ayam pedaging dan petelur yang dapat tumbuh dengan cepat dengan bobot badan maksimal.

Ayam Indio Gigante ini mempunyai warna tubuh yang sangat bervariasi dengan warna dasar hitam yang diselingi bintik – bintik putih. Bahkan warna bintik – bintik tersebut berasal dari ayam Plymouth Rock yang dulunya menjadi salah satu nenek moyang dari ras ayam tersebut.

Baca Juga berita lainnya hanya di  : Sabung Ayam Online Indonesia

Nah, sekian dulu pembahasan kita tentang 9 Jenis Ayam Terbesar Di Dunia. Mohon maaf apabila ada kesalahan, dan Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Jika ada masukkan dan tambahan tolong masukkan saja ke dalam kolom komentar agar bisa kami revisi, Terima Kasih.

Jangan bilang anda penggemar sabung ayam apabila anda belum mendaftarkan diri anda pada agen joinsabungayam, yakinkan anda daftarkan diri anda pada agen sabung ayam online yang berkualitas serta sudah tentu agen kami akan membayar setiap kemenangan anda seperti agen judi sabung ayam kaisargaming.net. Karena kami berkerja sama juga dengan S128, COCKFT serta SV388 yang sangatlah popular dalam menyediakan permainan sabung ayam live. Bermain sabung ayam online di kami akan menjadi semakin lebih nyaman karena 1 User ID dapat memainkan ratusan game. Ayoo segera bergabung bersama kami.

Baca Juga berita lainnya di : agenkaisar.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *