kaisargaming.net forumayambangkok.com
Sabung Ayam Di Indonesia, Dahulu Dipercaya Menentukan Nasib

Sejarah Permainan Sabung Ayam, Bukan Sekedar Permainan Saja.

Agen Sabung Ayam Online РSabung Ayam Jago, atau juga bisa  merupakan permainan yang biasa dilakukan di masyarakat di pulau Nusantara sejak dahulu. Permaninan ini sesuatu perkelahian Ayam Tarung yang mempunyai taji dan kadang taji ayam jago dilebihkan serta dibentuk dari logam yang runcing, Permainan ini di Indonesia ternyata bukanlah sebuah permainan untuk hiburan masyarakat saja, tapi juga sebuah cerita kehidupan baik budaya ataupun politik.

Permainan Sabung ini berada di pulau Jawa yang berasal dari (cerita rakyat) Cinderlaras dan di undang oleh Raja Jenggala, Raden Putra untuk mengadu ayam.
Ayamnya pun tak lama berkelahi dengan ayam Sang Raja tetapi dengan syarat, jika ayamnya jika ia kalah maka ia akan di pancung kepalannya, tetapi jika ayamnya menang maka setengah kekayaan Raden akan menjadi punya Cinderlaras, dalam waktu singkat, Ayam Cinderlaras berhasil menakklukan ayam Raden Putra dan penonton pun bersorak sorai memuji Cinderlaras dan juga ayamnya. Dan setelahnya, Raja telah akui kehebatan Cinderlaras dan memberitahu bahwa dia ialah yang tidak lain adalah putranya yang lahir dari permaisurinya yang terbuang.

Baca Juga : Cara Melatih Patukan Ayam Tarung Di Dalam Arena

Permainan ini dahulu menjadi peristiwa politik. Kisah Peninggalan Anusapati dari Singosari yang telah terbunuh ketika telah melihat permainan ayam tarung, Kematian Anusapati terjadi pada saat Budha manis atau bisa dibilang Rabu Legi, ketika di kerajaan Singosari telah berlangsung ramai di Kerajaan salah satunya adalah pertunjukan sabung ayam. Peraturan yang berlaku adalah
dilarang membawa senjata tajam dan kris. sebelum anusapati berangkat ke arena sabung ayam. Ken Dedes Ibu Anusapati menasehati anaknya agar tidak melepas keris pusaka yang dipakainnya jika ingin melihat sabung ayam yang diselenggarakann di Istana, tetapi sesaat sabung ayam belum dilakukan Anusapati terpaksa melepas krisnya dipaksa oleh Pranajaya dan Tohjaya.

Baca Juga : Cara Membuat Ayam Bangkok Aduan Menjadi Kebal Tahan Pukul 

 

Pada saat itulah dalam diarena terjadi hal – hal dan setelahnya peristiwa itu hal yang di takutkan Ken dedes terjadi kekacauan merenggut nyawa Anusapati yang sudah terbaring mati diarena sabung ayam dibunuh adiknya Tohjaya tertusuk keris pusakanya sendiri. Kemudian saat jasad Anusapati yang di makam di Candi Penataran dan kejadian tersebut tetap akan selalu diingat orang, Anusapati adalah kakak dari Tohjaya dengan ibu Ken Dedes dan bapak Tunggul Ametung sedangkan Tohjaya adalah anak dari Ken Arok dengan Ken Umang itu memang telah dibilang telah memiliki kesukaan menyabung ayam. Dalam Kisah ini dipercaya oleh penduduk dulu bahwa kalah menang nya sabung ayam dapat mengubah nasib dan takdir.

Baca Juga berita lainnya di : agenkaisar.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *