kaisargaming.net forumayambangkok.com
Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara

Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara

Sabung Ayam Online – Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara. Sebelum melatih dan merawat ayam bangkok, harus kita pahami dulu prinsip dasar dan tujuan melatih dan merawat ayam aduan. Perawatan dan latihan tujuannya untuk meningkatkan kualitas  Stamina, Tenaga dan otot. Ketika ayam kinerjanya menurun, kita harus bisa menganalisa apa yang kurang, apakah stamina, tenaga, otot, atau gabungan dari 2 atau 3 faktor tersebut ?

Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara

Mari kita bahas sekarang sebagai berikut ini :

Stamina : Daya tahan tubuh untuk bekerja dalam durasi yang maksimal (endurance). Dalam bahasa per-ayaman lebih dikenali dengan istilah ‘napas’.

Ciri ayam kurang stamina :

  • Yang sangat jelas terlihat adalah napas ayam yang ngap – ngapan meski sudah diairi dengan betul.
  • Bagian dada membengkak dan agak keras.

Stamina bisa ditingkatkan hanya dengan cara latihan yang rutin. Cara latihnya bisa bermacam –  macam seperti : Kliter, renang, umbar, gebrak bungkus patuk, jantur, dll. Semakin sering ayam dilatih, maka semakin terbiasa untuk bekerja keras dan dengan sendirinya staminanya lama kelamaan akan meningkat terus – menerus jika terus dilatih bekerja keras.

Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara

Kalo saya sendiri untuk sistem latihan fisik menggunakan kandang lompat, sprint dan gebrak, kenapa tidak memakai metode renang ? menurut saya metode renang dapat merusak bulu ayam aduan, khususnya pada sayap, padahal bulu pada sayap itu sangat berpengaruh pada pukulan ayam itu sendiri, makanya saya menggunakan metode lompat dan sprint.

Cara melatih ayam bangkok menggunakan kandang lompat ini cukup mudah, caranya tinggal membuat persegi atau lingkaran dindingnya rapat menggunakan triplek atau papan, ukuranya kira – kira 1m dengan tinggi 1 meter, itu versi saya sendiri cara melatih ayam bangkok atau cara melatih ayam aduan.

Mengenai cara latihnya, setiap pemilik ayam petarung punya resep melatihnya masing – masing. Yang penting kita harus tau prinsip – prinsip dasarnya.

Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara

Baca Juga berita lainnya hanya di  : Sabung Ayam Online Indonesia

Power atau energi yang dapat membuat otot bekerja.

Ciri – ciri ayam aduan kurang tenaganya :

  • Power pukulan tidak maksimal.
  • Kaki terlihat berat ketika memukul.
  • Kuda – kuda lemah.

Banyak yang salah kaprah bahwa tenaga ayam aduan diakibatkan karena kurang latihan. Padahal, dengan latihan tenaga akan terkuras dan ayam lelah. Semakin dilatih, ayam akan semakin terkuras tenaganya. Jadi kalau ayam kita kurang tenaga, sebaiknya jangan digebrak dulu. Tenaga bisa didapat dari Makanan yang bergizi, suplement atau jamu dan istirahat yang cukup.

Pakan sumber energi / tenaga : Yang banyak mengandung karbohidrat dan glukosa.

Otot : Jaringan dalam tubuh yang bertugas membuat kontraksi untuk menggerakan anggota tubuh.

Ciri ayam belum berotot :

  • Pukulan ngawur tidak tepat sasaran.
  • Langkah terseok – seok atau berasa berat untuk melangkah.
  • Sayap lunglai.

Stamina dan tenaga bisa dikejar dengan latihan dan perawatan yang maksimal (campur tangan manusia). Tapi pertumbuhan otot berlangsung secara alami.

Itulah sebabnya, ayam yang muda akan kalah berotot dibanding ayam yang sudah berumur. Ayam tumbuh besar s/d umur 10 bulan. Sebelum umur 10 bulan, otot tidak berkembang maksimal karena asupan makanan di fokuskan untuk pertumbuhan tubuh secara umum. Ayam yang dipaksakan pertumbuhan ototnya sebelum cukup usia, akan terlihat kerdil karena pertumbuhannya terhambat. Yang harus dilakukan untuk ayam muda ialah melatih dan membentuk ototnya secara bertahap sesuai usianya jangan di samakan porsi latihannya dengan ayam yang usianya sudah dewawa.

Untuk memaksimalkan pertumbuhan otot, ayam harus dilatih seperti halnya membentuk stamina. Selain itu ayam mesti diberi asupan protein untuk bahan pembentukan ototnya. Mudah – mudahan dari uraian ini bisa jadi panduan apa yang harus kita lakukan pada saat kinerja ayam kita kurang maksimal.

Sebagai contoh, ayam yang terus menerus dilatih, tentu akan kekurangan tenaga ketika di abar/di adukan. Untuk itu, setelah dilatih, ayam harus diberi makan, suplement/vitamin dan dengan istirahat yang cukup untuk memulihkan tenaganya. Jangan lupa diberi extra food tinggi protein agar otot dapat berkembang maksimal.

Baca juga: 30 Jenis Ayam Hias Yang Unik dan Menarik Lengkap Beserta Gambarnya

Sekedar info saja, salah satu hobi, peternak terbesar di Thailand dan produsen pakan ayam terbesar di dunia (Charoen Pokphan) menggunakan pakan voer 594 untuk ayam rawatan dan aduannya. Tentunya ditambah dengan extra food lain macam tomat, pisang dan protein (telur) untuk perawatan yang lebih intensif.

Cara Merawat Ayam Bangkok Prinsipnya, makanan apapun harus mengandung unsur gizi. Karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan serat harus terpenuhi. Kemudian, asupan makanan dan kegiatan ayam (latihan) harus seimbang dengan makanan dan istirahatnya. Bila latihan terlalu banyak dan makan kurang, istirahat kurang, malah membuat ayam semakin jadi loyo dan kurus. Sebaliknya, bila latihannya minim sedangkan makannya banyak, ayam jadi kegemukan jadi semuanya harus seimbang agar ayan dapat berkembang sehat dan kuat.

Kalau menjelang pertempuran, ayam lebih baik diberi pakan yang langsung memberikan energi instant macam karbohidrat dan glukosa. Dalam hal ini dapat dikasih nasi, gula merah, dll. Super power termasuk suplement. Boleh juga diberikan bersamaan dengan nasi.

Cara Merawat Ayam Bangkok Protein (telur) juga memberikan energi. Tapi masalahnya proses perubahan dari protein menjadi energi siap pakai berlangsung agak lama (sedikit demi sedikit). Jadi protein lebih bagus untuk memberikan energi untuk satu hari penuh.

Putih dan kuning telur sama – sama mengandung protein yg tinggi. Bedanya, kuning telur mengandung lemak yang cukup banyak. Para olahragawan lebih memilih untuk konsumsi putih telurnya saja. Karena kuning telur berpotensi membuat kegemukan.

Demikian juga dengan ayam. Kalau badan sudah jadi, lebih baik diberi putih telur saja (tanpa kuningnya). Untuk ayam yang baru setengah jadi, boleh kasih keduanya. Untuk pemberian, bisa bermacam – macam, boleh mentah, setengah matang ataupun matang sempurna. Tapi hati – hati dengan telur mentah dan setegah matang. Bakteri salmonela bisa hidup dalam telur. Pemberian telur matang sepertinya lebih baik dan lebih aman.

Baca juga : Fakta Unik Tentang Ayam Yang Belum Banyak Orang Yang Mengetahuinya

Nah, sekian dulu pembahasan kita tentang Tips Melatih dan Merawat Ayam Bangkok Supaya Jadi Jawara. Mohon maaf apabila ada kesalahan, dan Semoga tulisan kami ini dapat bermanfaat bagi anda semua. Jika ada masukkan dan tambahan tolong masukkan saja ke dalam kolom komentar agar bisa kami revisi, Terima Kasih.

Jangan bilang anda penggemar sabung ayam apabila anda belum mendaftarkan diri anda pada agen joinsabungayam, yakinkan anda daftarkan diri anda pada agen sabung ayam online yang berkualitas serta sudah tentu agen kami akan membayar setiap kemenangan anda seperti agen judi sabung ayam kaisargaming.id. Karena kami berkerja sama juga dengan S128, COCKFT serta SV388 yang sangatlah popular dalam menyediakan permainan sabung ayam live. Bermain sabung ayam online di kami akan menjadi semakin lebih nyaman karena 1 User ID dapat memainkan ratusan game. Ayoo segera bergabung bersama kami.

Baca Juga berita lainnya di : agenkaisar.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *